[Komedi] Arjuna Mencari Cinta - Chapter 4 - Epilog

12.40

Chapter 4 : Dua Sejoli


Sekarang udah masuk tahun ke 2 gue di STM, tepatnya di semester 4. Gak nyangka aja sih waktu berjalan cepet banget. Paling enggak di tahun ke 2 ini udah gak ada tuh pelajaran ngelas sama ngikir, jadi mata gue gak bengkak lagi tiap malem minggu, dan gak perlu lagi ngerawat hamster setiap dapet jatah piket. Gantinya ya pelajaran yang berhubungan sama kendaraan, mulai dari mesin, chasis, body dan kelistrikan.

Masalah eskul cocok tanam juga udah ada banyak kemajuan, kebon belakang udah beberapa kali panen singkong, kacang tanah, ubi, pare, cabe juga ada. Lumayan buat tambahan. Ada untungnya juga sih, Randi ikutan cocok tanam. Dia yang paling rajin, kalo gue lagi males tinggal suruh dia aja, bilang kalo itu maunya Risa, langsung dikerjain sama tuh anak.

Gue sempet taruhan sama Randi, siapa yang bisa macarin Risa. Yang kalah jadi kacung yang menang. Kami bener-bener bersaing waktu itu, mulai beliin kado ulang taun Risa yang anehnya kami beli bareng ke mall, malah saling ngasih komentar kira-kira kadonya cocok gak buat Risa. Yang paling aneh, pas mau bikinin Risa puisi, sama-sama saling koreksi, ‘wah kata-kata yang ini terlalu lebay bro’, ‘wah yang ini typo bro’. menggelikan!

Tapi Randi lama kelamaan jadi mundur, mungkin karna liat Risa lebih deket sama gue. Meski penyakit delusinya gak ilang-ilang. Gapapa sih, mungkin cuma itu hiburan dia satu-satunya.

“Jun, udah liat papan pengumuman?” tanya Risa saat lagi nyuci irisan tipis singkong. Hari ini kami lagi di ruamh Risa, mau bikin kripik singkong, Randi yang nyabutin terus ngupas, gue yang ngiris dan Risa yang bagian masak. Tapi berhubung Randi baru aja dapet telpon dari emaknya, dia langsung ngacir sambil berpesan buat nyisahin kripiknya.

“Oh jadwal PKL,” jawab gue sambil nopang kepala di tangan, terus mata gak pernah lepas dari wajah Risa yang mulai keliatan ada bulir-bulir keringet.

“Jauh banget lo dapet tempat PKL di Karawang, mana enem bulan lagi,” sesekali Risa mandang gue, tapi sedetik kemudian matanya teralih ke singkong yang lagi dikucek-kuceng.

“Iya, mulai bulan depan,” yaah gue bakal gak ketemu Risa selama enem bulan deh. Apalagi dua bulan kemudian jadwalnya dia PKL, gak jauh sih kalo dia, masih di perusahaan arsitek daerah Jakarta.

“Bakal kesusahan gue nih kalo gak ada lo, cocok tanam.”

“Kan ada Randi, dia rajin banget loh.”

Risa langsung diem, terus dia ngalihin pandangannya ke gue dengan tatapan yang nusuk, kayak kesel gitu. Dia ngedeketin mukanya, deket banget sampe bisa gue itung bulu matanya. “Jadi elo gak ngerasa gimana gitu mau pergi selama enem bulan.”

“Gi-gimana apanya nih?” gue gugup, bener-bener gugup, bola mata gue bergerak-gerak ke sana ke mari.

“Lo rela ninggalin gue gitu aja, berduaan sama si Randi,” suaranya datar, penuh nada intimidasi, tapi eh tapi, kode ini kode. “Enem bulan loh Jun, elo gak penasaran gitu selama enem bulan bisa terjadi apa aja?”

Tunggu-tunggu, ini kenapa kok gue udah telentang aja, dan Risa ngerangkak di atas gue. Deket banget jarak tubuh kami. Mana tonjolan nenennya keliatan dari balik kaos, plis kalo ini bakal jadi hari akhir dari keperjakaan gue, tolong jangan ada yang ganggu, termasuk si manusia laknat, Randi.

“Kalo libur gue bakal ke sekolah kok,” tangan gue udah kenceng ngeremesin karpet, adegan demi adegan di film bokep mulai berputar di kepala gue.

“Thanks!” ucap Risa seraya mengecup pipi gue, lalu dia bangkit dan balik lagi ke aktifitasnya semula, nyuci singkong.

Gue cuma bengong mandang langit-langit rumah. Cuma dapet satu kecupan doank, padahal gue udah coba bayangin hal-hal terenak yang selama ini cuma dapet dari video dan tentu sama yang waktu itu.

Terus gue bangun, duduk tepat berhadapan dengannya. Dia cuma sesekali ngelirik diiringi dengan senyum-senyum imutnya. Hati gue bergeming, ngeliat lirikan mautnya. Mungkin ini waktu yang tepat.... gue majuin posisi badan, deketin Risa lebih deket sampe gue bisa ngerasain desir nafasnya.

“Ris mau ngomong sesuatu,“ bisa kek bisa........ berkali-kali gue ngambil nafas panjang, seolah mau nyelem ke laut, “gue sa-“

Risa langsung nempelin telapak tangannya ke muka gue, “cinta itu menyakitkan Jun, yang ngasih goresan di banyak hati.”

Sampe sekarang gue masih belom ngerti dengan cara pandang Risa, enem belas tahun usia kami dan Risa udah punya pemikiran se kelam itu. Tapi yang bikin heran, dari sela-sela jarinya yang merentang di muka, gue masih bisa liat dia senyum sambil ngucapin itu.

Sebulan kemudian

Malaaammm! Malam ini sangat cerah, mungkin karna masih musim kemarau jadi gak ada gumpalan awan yang nutup langit malam hari. Gue bisa liat jelas bintang-bintang yang ada di atas kepala. Ini malam minggu bung, meski gak ada kalimat jadian antara gue dan Risa, tapi sekarang kami sedang natap indahnya langit sambil nyemil ubi rebus plus teh tawar panas. Iya tawar, karna manisnya ubi dan juga suasana malam ini.

Besok gue udah musti berangkat ke Karawang, karna senin gue udah mulai PKL. Senin kemaren ngurus administrasi di pabrik tempat gue PKL, terus dilanjut nyari kontrakan. Gak cuma gue sih, ada 6 orang yang PKL bareng, 4 dari kelas gue dan 2 dari kelas jurusan mesin.

Jadi ceritanya malam ini malam perpisahan, sekaligus malam mingguan pertama gue sama cewek.

“Karawang jauh ya,” ucap gue sambil mengawang ke arah timur.

“Kalo lo disuruh lembur gimana?” dia bertanya, “apa lo masih sempet ke sekolah?”

“Gak kok, kemaren kata HRD-nya anak PKL gak dapet lembur,” gue tersenyum lebar, sabtu-minggu libur. Jadi gue bisa manfaatin hari minggu buat ke sekolah, bantu Risa ngurusin tanemannya.

Wajahnya semakin ceria, sambil menjentik-jentikan telunjuk runcingnya di pipi yang mengembung gara-gara ubi yang dia makan kebanyakan. “Lo nanti di Karawang kangen gue gak yaaaa?”

“Emang lo pacar gue yang wajib dikangenin?” gue balik bertanya menggoda, matanya langsung ngelirik tajem banget.

“Oh jadi gitu elo,” Risa bertolak pinggang sambil ngedengus-dengusin nafasnya terus ngejewer kuping gue sambil ngedeketin bibirnya di kuping, “gak asik banget siiiihhhh.”

Gue ngegeser posisi duduk, jadi berhadapan sama Risa sambil usep-usep kuping yang pengeng. Gue pandangin wajahnya sambil cengar-cengir, “emang perlu ya gue kangen sama lo?”

Dia ngedeketin wajahnya, kayak yang sering dia lakuin. “Yakin gak mau kangen sama gue?”

“Gue maunya sa-“

Lagi-lagi, dia nempelin telunjuk lentiknya di bibir gue sambil geleng-geleng, “sori.”

“Sampe kapan? Atau sampe selamanya?” gue bertanya lirih, suasana yang tadi ceria mendadak melow.

Hening.......

....

Semakin hening saat bibir Risa udah nempel di bibir gue. Lembut....... matanya terpejam sambil tangannya ngelingkar di leher gue. Saat itulah gue sadar, mungkin diantara kami gak perlu ada sebuah pernyataan, dan gak perlu ada sebuah status. Ada jeda sekian detik antara saat Risa ngelepas kecupannya dengan keheningan.

“Makasih buat semuanya,” ucapnya pelan, sangat pelan tapi terlalu jelas buat gue denger.

Gue tersenyum memandang wajahnya yang kini bersemu. “Gue bakal kangen banget sama elo kok.”

“Dateng ya tiap hari minggu!” dia masing ngalungin tangannya di leher gue. Desiran nafasnya sangat lembut menerpa muka gue.

“Yeah.”

Akhirnya gue pun pergi ke Karawang, tempat yang lumayan jauh dari Jakarta. Disana gue ngontrak sama temen-temen gak jauh dari pabrik tempat kami PKL. Sebuah pabrik perakitan sepeda motor, gue ditempatin di bagian Asembling, sedangkan temen-temen lainnya, gak penting banget buat diceritain. Yang PKL juga bukan dari sekolah gue aja, tapi dari beberapa sekolah lainnya.

Gak banyak yang bisa gue ceritain disini, yang jelas kerja dipabrik itu capek banget meski yang dikerjain gitu-gitu aja. Hari pertama badan ngrentek abis, tidur susah mana kontrakan panas, belom ada kipas angin, banyak nyamuk, udah gitu cuma tidur di alas tiker doank. Besoknya musti kerja berat lagi.

Minggu pertama gue gak bisa pulang ke rumah, gak bisa dateng ke sekolah karna badan bener-bener pegel. Selama hari libur kerjaan gue cuma tidur, niatnya minggu depan aja gue pulang dan jelasin ke Risa tentang keadaan gue disini. Tapi pas gue masuk kembali, dari manajemen pabrik ngumpulin semua anak PKL. Terus dia nawarin anak PKL untuk bisa ngambil lembur, karna permintaan meningkat tajam buat beberapa bulan ke depan.

Lumayan upah lemburannya, gue jadi keinget utang sama Mbak Lila yang selama ini cuma gue bayar pake uang saku. Gak enak juga sebenernya bayarnya dikit-dikit gitu, jadi ini kesempatan buat gue supaya cepet ngelunasin utang. Dari sini gue sampe kejang-kejang kejar setoran, kerja sampe jam 7 malem, sabtu juga lembur sampe jam 4. Kalo kondisi fit, minggunya gue lembur setengah hari.

Risa! Sampe gue selesai PKL enem bulan, sama sekali gue gak dateng ke sekolah. Pulang ke rumah aja enggak, malah ortu sama Mbak Lila yang jenguk gue kesana. Takut kali ya gue udah gak berbentuk m
anusia lagi.

Pas di sekolah, temen-temen pada ngerubungin anak yang baru selesai PKL termasuk gue. Biasalah pada minta traktiran. Duit gue udah tipis buat bayar utang, mana pada kejam lagi milih menu makanannya. Liat aja bakal gue bales kalo yang lainnya juga selesai PKL, iya kalo mereka dapet duit kayak gue, nyahahahahaha.

“Lo dari tadi celingukan Jun?” tanya Randi yang mulutnya udah keisi bakso segede kepala kucing. “Gak mau bayar ya? Mau kabur lo yah?”0

“Risa,” mata gue masih berkeliling sekitar kantin. Biasanya jam istirahat dia udah nongkrong di tukang mie ayam.

“Ohh, dia hamil,” ucap Randi santai banget.

“Hah,” gue yang gak santai, gak percaya juga liat ekspresi Randi yang gak serius gitu.

“Dua bulan yang lalu, rame loh kasusnya,” masih dengan nada yang gak serius.

Gue gak percaya, sama sekali gak percaya, apa lagi itu keluar dari mulut orang yang punya penyakit delusi stadium mengenaskan. Tapi semua jadi serba jelas pas temen gue lainnya menyetujui ucapan Randi.

“Kok bisa?”

“Gak tau, yang jelas dia hamil sama alumni yang dulu jadi ketua OSIS pas kita ospek. Sekolah sih gak ngeluarin dia, tapi kasih dia cuti satu taun sampe anaknya lahir. Tapi kayaknya dia gak mau deh, udah terlanjur malu mungkin.”

Dunia seolah berubah, “Terus sekarang gimana dia?”

“Udah kawin kali sama si alumni, lagian tuh cowok juga udah kerja sih begitu lulus dari sini.”

Muka gue memanas saat itu juga. Rentetan pertanyaan merepet di kepala gue beriringan sama memori-memori gue saat bersama dengan Risa. Semua serba gak terduga, sama sekali diluar akal sehat gue saat ini. Kalo ditanya sakit apa enggak? Jelas sakit banget, hal yang gak pernah kebayang.

Epilog : Seribu Bintang

Gue berayun-ayun di sebuah taman, memandang sebuah rumah yang selama enam bulan ini gue gak kunjungi. Iya rumah Risa, terakhir ya pas malam minggu itu. Masih keinget jelas di teras itu, tempat pertama kalinya dia ngecup bibir gue. Masih keinget jelas di teras itu saat dia nanya ‘apa lo bakal kangen sama gue?’, semua masih jelas berputar di pikiran gue saat ini.

Tapi gue gak tau dia ada di rumah atau sekarang udah tinggal sama suaminya. Gue sama sekali gak berani mengetuk pintu itu untuk sekedar tau apa Risa ada disana. Udah tiga hari setiap matahari senja mulai memudar, gue berayun-ayun disini, disebuah taman yang gak jauh dari rumah Risa.

“Kapan lo pulang?” sebuah suara terdengar dari samping gue.

“Seminggu yang lalu,” Risa, duduk di ayunan sebelah gue dan ngikut berayun-ayun. Gak tau sejak kapan dia udah ada disitu. Gue pandangin wajahnya dan juga perut yang udah mulai membuncit. Bener dia hamil!

“Gue liat lo terus kok setiap ada disini sampe jam 10 malem,” dia nundukin kepalanya, “tapi baru kali ini gue beraniin nemuin lo, laki gue masuk shift dua soalnya.”

“Oh,” udah berdengus lesu, serba canggung, “udah berapa bulan?”

“Tiga.”

“Maaf gue gak bisa nepatin janji gue,” bayangan itu kembali lagi, teras rumahnya seolah menampakan film antara kami berdua, “gue butuh duit buat ngelunasin utang. Gak enak juga kalo bayarnya nyicil dikit-dikit, dia juga punya kebutuhan, jadi mau gak mau begitu manajemen pabrik akhirnya nawarin lemburan, gue ikut aja.”

“Utang?” Risa keliatan kaget, terus ngeliatin gue dengan kening berkerut, “jangan bilang buat bantu gue waktu itu?”

“Buat orang seperti gue, cuma ada dua cara buat dapetin uang sebanyak itu,” ucap gue lirih, “pertama nyolong, kedua ngutang.”

Risa langsung nutup mulut dengan jemari lentiknya. Air mata langsung berurai di wajahnya, dia nangis dengan bahu yang bergetar hebat. Berkali-kali Risa berusaha ngomong, tapi isak tangisnya semakin hebat, membuat dia kesulitan berkata-kata. Dia merentangkan tangannya, ngeraih pipi gue dan membelainya pelan.

“Maaf....” masih diselingi isak tangis yang hebat, dia coba mengatur nafasnya baru kembali melanjutkan, “gue.... gue terlalu dini memutuskan sesuatu.”

“Maksud lo?”

“Bodoh....bodoh,” Risa memukul-mukul pelan keningnya, “gue bener-bener kesel sama lo yang gak dateng-dateng, setiap minggu gue tungguin tapi sama sekali gak ada lo muncul. Gue tanya Randi, dia juga bilang kalo elo gak pernah pulang ke rumah.”

“Ris?” gue makin bingung.

“Saat itu, gue benci sama lo, gue kecewa. Sampe gue bersumpah sama diri sendiri, siapapun yang nembak gue, bakal gue terima. Gak lama, ada cowok yang nembak gue. Rasa kecewa gue terlalu memuncak sampe gelap mata, akhirnya sampe kayak gini.”

Dia ngeliat perutnya, “jadi selama ini lo berharap banget sama gue.”

Risa berdiri, lalu jalan selangkah ke belakang gue. Saat itulah dia meluk gue dari belakang, kepalanya bersandar di bahu, membuat ayunan berhenti mengayun, “gue udah mulai percaya sama apa yang lo percayai. Dan sekarang gue ngerasa bodoh banget karna gak nunggu penjelasan dari lo dulu.”

“Jadi-“

Risa mempererat pelukannya, “andai gue tau alesan elo gak dateng, mungkin kondisinya gak akan seperti ini.”

“Gue juga bodoh Ris,” gue tertunduk lemas, semua udah terjadi, “andai gue bisa ngabarin lo, atau seenggaknya dateng sekali aja buat ngejelasin semuanya.”

“Gak Jun,” dia berbisik, “semua udah diatur, sekarang gue baru sadar kalo gue bukan cewek baik-baik buat elo.”

“Elo cewek baik Ris-“

“Enggak Jun,” kembali gue denger suara isak tangisnya, “kalo gue cewek baik-baik, gak mungkin pacaran terus hamil kayak gini. Gue kotor, meki gue penuh sama lendir. Sebelumnya juga lo udah tau kalo gue ini perek Jun.”

Nyesek, gue berdiri, saat berbalik bisa gue liat wajah Risa yang udah penuh sama air mata. “Lo tetep cewek baik di mata gue.”

“Makasih,” ucapnya sambil menyeka air mata, “tapi ini emang takdir yang terbaik buat elo Jun, cowok baik harus dapet cewek yang baik. Gue sama sekali gak pantes buat elo.”

“Yang nentuin pantes apa enggaknya bukan elo, tapi ya buat apa juga sih pantes atau enggaknya, toh sekarang elo udah jadi bini orang,” lirih gue ngomongnya, nyesek ngerasainnya. Gue sentuh perutnya yang buncit, terasa keras, “jaga diri lo baik-baik ya, sama si kecil ini.”

“Maaf ya Jun,” dia ngegenggam ke dua tangan gue lembut, tangannya terasa dingin.

“Sa, gue cuma pengen bilang,” sejenak gue terdiam, “gue sa-“

Untuk kesekian kalinya, telunjuk Risa nempel di bibir gue saat kata-kata itu mau meluncur, “jangan ucapin itu Jun.”

“Enggak boleh ya.”

Dia meluk gue erat diiringi tangis yang berderai, “dari awal gue ngerti kalo elo adalah seorang Arjuna yang mencari cinta, sedangkan gue cuma seorang wanita yang gak pantes dicintai, walau berharap dengan sangat.”

Saat ini gue udah gak bisa berkata-kata apapun lagi. Yang bisa gue lakuin cuma mandangin ribuan bintang di langit sambil menikmati tiap helaan nafasnya yang berhembus diantara dada gue dan juga dekapannya yang bergetar. Biar gue nikmati untuk terakhir kalinya, karna saat dia ngelepas pelukannya, sebuah keinginan meluncur dari bibir indahnya.

“Gue harap, kita gak akan bertemu lagi.”

Another Epilog : Bidadari

‘Dulu aku pernah memiliki cinta sejati, tapi aku melepasnya begitu saja dan membiarkannya pergi. Saat dia benar-benar terluka, aku hanya bisa diam. Jika aku diberi satu kesempatan lagi, akan aku katakan dua kata kepadanya ‘aku mencintaimu’. Dan jika diberi batas waktu untuk mencintainya, aku harap itu selamanya.’

Gue tersenyum saat membaca halaman profil Friendster milik Risa. Entah itu buat gue atau siapa. Gue tutup halaman Friendster, terus ngelunjutin tugas bikin laporan PKL. Untunglah gue ada sohib yang punya warnet, jadi sambil bantu dia ngejaga warnetnya gue ngerjain tugas disini.

Risa? Gue yakin dia bakal bahagia nantinya, gue yakin cowok yang sekarang jadi suaminya sayang banget sama dia. Kalo gak sayang, gak mungkin dia mau tanggung jawab. Sedangkan gue, lagi berusaha sekuat hati buat ngelupain rasa perih ini. Mungkin gue bakal seharian di warnet, 2 jam ngerjain tugas terus sisanya buka situs bokep, hahahahaha.

Gue pulang pas mata udah kerasa pegel seharian natap layar monitor. Gue masihlah seorang Arjuna yang mencari cinta, mencari seseorang yang bakal ngisi lembar baru kisah masa remaja gue. Masih ada waktu satu tahun lebih untuk menulis ulang catatan manis masa sekolah.

Dan gue percaya itu semua, ketika ada seorang gadis menyapa. Mungkin gue terlalu gampang tertarik sama cewek, karna di sekolah cowok semua, atau mungkin gadis ini emang terlalu indah untuk dibiarkan begitu aja. Gue suka caranya memandang, gue suka lambaian rambut panjangnya yang menghitam menutupi setengah punggungnya, yang paling gue suka senyumnya yang menampakan kedua pipi yang bersemu seolah ada kupu-kupu yang nemplok di pipinya. Seperti sebuah persembahan dari surga, dia datang dengan suara sengaunya dan berucap......

“Kakak mau bantu adik-adik kita yang putus sekolah gak?“

Saat itulah sebuah lagu berdengung pelan di kuping gue.


Segala damai datang saat dia menjelang
Kurasakan lagi sejuk dipeluknya
Halus tutur kata yang selalu tercipta
Mengudang naluri untuk sandarkan letihku

Bidadari sambut aku

Bidadari peluk aku


-=S.E.L.E.S.A.I=-

You Might Also Like

0 komentar