[Komedi] Arjuna Mencari Cinta - Chapter 2

12.18

Chapter 2 : Angin



Risa mondar mandir di depan gue sambil megangin novel yang gue beli, jadi kemaren siapa ya yang bilang novel kayak gitu ‘cuma bualan yang bikin orang delusi’? Udah gitu pake cengar cengir gak jelas lagi. Tadi dia main rebut aja novel yang baru mau gue baca, katanya penasaran gitu kok gue yang cowok suka sama novel beginian, tapi gak gini juga kali. Konyolnya lagi, masa dia ngebiarin gue sendirian yang nanem bibit ke pot. Malahan gue berdehem-dehem, dia gak nyadar. Masih asik sama novel yang katanya jelek, itu belom gue baca hoi!

“Gue tetep gak suka cerita bualan kayak gini!” ujar Risa sambil nutup novel pake gerakan yang sangar.

‘Bodo amat!’

Abis itu dia duduk sila di depan gue, ngeliatin pake tatapan matanya yang tajem. Gue ngelirik dia sebentar terus melengos lagi, terus nanya, “Ngapain sih loh?”

“Hmmm,” Risa makin ngedeketin mukanya, sekejap wangi tubuhnya mampu ngegantiin oksigen yang gue hirup, “gue heran aja cowok yang gayanya sok metal, rambut jabrik, pake kalung tengkorang, pake gelang karet. Eh tau-tau demen novel cengeng kayak gini.”

“Gak harus jadi cowok culun buat suka novel cengeng,” gue menyahut tanpa ngebales tatapan matanya.

Sampe kegiatan eskul ini kelar di sore hari, gue dan Risa berdebat gak penting tentang novel yang gue suka. So, gue gak maksa buat dia suka, bahkan gue gak nyuruh dia baca. Tapi kayaknya nih anak hobi debat deh. Kalo debatnya makin panas, dia makin ngedeketin mukanya, najemin tatapannya, seakan coba ngintimidasi gue. Tapi ada enaknya juga, paling enggak ada bahan obrolan selain ngomongin bibit, walaupun pake ngotot. Gak enaknya, dia masih nyerahin urusan yang pake tenaga ke gue, sedangkan dia cuma nyuruh-nyuruh aja, pake bawel lagi.

Minggu pagi, gue sempetin buat sepedahan. Pas nyampe rumah ada sendal yang bukan kepunyaan salah satu dari keluarga gue, tapi gue kenal banget. Bener dugaan gue waktu nyampe dapur buat nyari minum. Disana udah ada si manusia laknat, Randi. Lagi oseng-oseng bumbu, terus gak jauh dari dia, ada Mbak gue, Mbak Lila, lagi ngirisin kentang.

Ini anak STM malah hobi tata boga, jangan-jangan yang dioseng mur sama baut. Hadew!

‘Apa bedanya sama elo hoi, anak STM hobinya baca novel cengang.’

Siapa tuh yang ngomong ???

“Eh jangkring, ngapain lo ke rumah gue pagi-pagi?” tanya gue ketus sambil buka kulkas terus nenggak botol minum. Randi kayak kaget gitu ngeliat gue.

“Mulangin kaset PS lo,” jawab dia enteng masih asik oseng-oseng bumbu, fasih bener nih anak gerakannya.

“Terus ngapain lo di dapur?”

“Tadi Mbak Lila nawarin gue duduk dulu, terus ngeliat dia lagi masak ya udah gue bantuin aja,” Randi ngambil kentang yang udah dipotongin sama Mbak Lila, terus masukin ke penggorengan, diaduk-aduk sampe bumbunya rata.

Mbak Lila cuma natap gue males seakan ngomong, ‘gue cuma basa basi doank nawarin dia duduk dulu, malah dianggap beneran’. Abis itu gue ngelangkah ke arah Randi, nyeret dia ke ruang tamu. Gue tau tujuan dia dateng kemari, pasti mau godain Mbak gue, meski dia itu sahabat dari SMP, gue gak rela kalo sampe Randi ngegebet Mbak Lila.

“Lo gak eskul Jun?” tanyanya sambil nangkep stik PS yang gue lempar ke arahnya.

“Risa lagi ada acara keluarga,” jawab gue rada sewot, nyalain PS terus TV.

“Ya kan elo bisa sendiri ngerawat taneman.”

“Terus kalo gue pergi, lo mau sama siapa disini?”

“Kan ada Mbak lo.”

Ngajak berantem nih anak.

Akhirnya PS sama TV gue matiin, terus nyeret Randi supaya cepet pergi dari rumah. Kayaknya gue musti ngebatalin niat buat jual Randi ke tukang rongsok, gue lebih milih jual dia ke dukun, siapa tau ada yang butuh tumbal buat pesugihan. Tapi sebelum pergi, masih sempet-sempetnya nih bocah bisik-bisik ke gue.

“Kayaknya Mbak lo demen deh sama gue, dari tadi merhatiin gue mulu loh.”

Pergilah kau setan!

Gak lama, Mbak Lila nongol dan nyiapin masakannya yang harum bener aromanya. Kebetulan banget gue laper abis sepedahan. Mbak Lila, lengkapnya Lila Cahya Kamila, 10 tahun lebih tua dari gue, dia udah kerja di parbik tekstil bagian office gitu. Sampe sekarang dia jomblo, mukanya cantik, adeknya aja ganteng. Banyak cowok yang rajin ngegebet dia, salah satunya si manusia setengah kodok yang baru aja gue usir dari rumah. Tapi Mbak gue itu pemilih banget orangnya, harus ganteng, pinter, bodynya atletis dan satu yang paling penting..... berbulu dan bewokan!

Dia bisa betah berjam-jam nonton DVD film India yang pemainnya bewokan sama badannya penuh bulu. Kalo udah gitu, mortir meledak di sampingnya juga gak bakal bisa ngalihin pandangan matanya dari TV. Makanya si Randi itu getol banget koleksi obat penumbuh bulu.

“Jun, nanti siang temenin kondangan ke temen gue yuk,” ucapnya disela sarapan pagi kami.

“Terus kalo ditanya ‘kapan gantian ngundang? Mana calonnya? Masa bawa adek mulu?’ elo mau jawab apa Mbak?” gue ngeledek sambil cengengesan, gak nunggu lama buat Mbak Lila ngejejelin mulut gue pake centong sayur, mana masih panas pula.

Tau kan yang namanya cewek pasti kalo dandan lama, itulah Mbak gue. Sejak abis sarapan, dia langsung mandi dan sampe matahari hampir pas di atas kepala gue, dia belom balik dari kamarnya. Plis deh Mbak Lila gue yang cantik, dia pasti berharap nemu cowok ganteng yang selera dia banget di acara kondangan. Iya pasti ada tapi juga pasti bawa pasangannya.

Eh tapi kalo dia bener-bener nemu cowok kayak gitu terus sendirian, aduh jangan sampe kejadian paling ngeselin yang waktu itu nimpa gue, terjadi lagi. Pernah tau-tau gue ditinggal dia pas kondangan, gara-gara dia nemu cowok yang ngajak kenalan terus ngajak nonton. Gue itu gak bisa bawa motor, dan parahnya si cowok itu juga dateng jalan kaki, akhirnya Mbak Lila jalan sama si cowok pake motornya. Jadi gue pulang jalan kaki, mana gak bawa dompet buat ngojek, jauh pula.

“Elo masih belom bisa naik motor Jun?” Mbak Lila bergidik heran, adeknya yang paling tampan belom bisa naik motor. OMG!

“Bisa sih, tapi dikit,” gue menyahut malas, “emang lo mau ujung-ujungnya nyampe rumah sakit?”

Salah sendiri gak mau ngajarin gue, akhirnya ya belajar otodidak, sampe sekarang masih kagok banget. Udah gak mau ngajarin, ngina mulu lagi. 'Gimana mau ngetes motor kalo abis diservis, bawa motor aja gak bisa, mending masuk SMEA jurusan sekertaris'. Begitu omongannya setiap kali gue bilang belom bisa bawa motor.

Sampe di tempat kondangan, kami disambut sama pager ayu yang ayu banget. Mbak Lila langsung ngerubung ke temen-temennya yang udah ada disana. Terus salaman sama penganten sambil foto-foto pake banyak gaya, sok imut lagi. Tapi kali ini gak khawatir Mbak Lila bakal ninggalin gue, soalnya konci motor gue yang pegang. Nyahahahahaha.

“Eh elo Jun,” salah seorang pager ayu nyapa gue sambil ngasihin sovenir pas ngisi daftar buku tamu. Kayaknya gue kenal, tapi.......

“Risa?” setengah gak percaya, bener-bener pangling gue, Risa cantik banget dirias kayak gitu, apalagi pake kebaya warna Ijo. Rambutnya dikuncir, terus diponi belah pinggir gitu. Sorot matanya jadi makin tajem, hidungnya jadi keliatan makin mancung, bibirnya makin gemesin aja.


Pengumuman! dicari bapak penghulu yang tadi ngawinin penganten. Ini ada yang mau dikawinin juga nih!


“Kayak orang bego sih gitu ngeliatnya,” mendadak wajah Risa bersemu ditatap kayak gini, mulut gue kesusahan buat mingkem.

“Aduh, hihihi,” jadi gak jelas gini gue, apalagi nih mata yang gak mau geser sedikitpun dari wajahnya Risa, sampe sebuah suara ngagetin gue.

“Mas misi saya mau isi buku tamunya!”

Tengsin bro!

Mbak Lila? Ah bodo amat dia mah, lagi asik ngobrol sama temen-temennya, sambil mata belonya berkeliaran nyari cowok-cowok bewokan nan berbulu. Sedangkan gue, lagi makan sambil gak pernah lepas mandangin Risa dari tempat gue duduk. Pengantennya aja kalah cantik sama Risa, mana kebaya yang dipake ketat terus transparan bagian atasnya. Jadi keliatan sedikit tonjolan nenennya. Mimisan!

“Jun,” gak tau sejak kapan, Risa udah ada di depan gue, sedikit bungkuk jadi makin keliatan jelas itu nenennya, “cabut yuk, gue males banget nih ada di acara kayak gini.”

“Loh, emang kenapa?” mata gue sibuk naik turun merhatiin wajahnya terus kebawah ngintip nenenya.

“Udah nanti gue jelasin,” ucap Risa sambil ngeraih tangan gue terus nyeret keluar dari tuh acara.

Lembut banget tangannya loh, keringet dingin gue diseret dia. Kami berdua jalan gak nentu, terus naik angkot, katanya sih mau ke mall. Karna mungkin dandanan Risa, kami jadi pusat perhatian di angkot. Pas nyampe mall juga kami selalu jadi pusat perhatian orang-orang disana. Jadi risih sendiri.

“Elo kenapa masih bawa piring dari kondangan sih?” Risa ngelirik tangan gue heran. “Pada ngeliatin kita noh heran.”

“Elo main seret gue aja, mana sempet naroh ini piring,” gue ngeles sambil merhatiin Risa dari ujung kepala sampe ujung kaki, “bukan cuma gue yang aneh kali, elo juga. Masa ke mall pake kebaya terus menor gitu dandanannya.”

Kami tertawa lebar, makin ngebuat orang-orang di mall ngeliat kami dengan pandangan, ‘gila kali ya’. Sampe di bioskop, kami duduk. Gak ada niat buat nonton dan gak beli makanan yang ada di bioskop sih. Cuma ngobrol-ngobrol gak jelas aja, gue udah bodo amat sama tatapan aneh orang-orang, rasanya Risa juga sama deh bodo amat.

“Gue dipaksa tante buat jadi pager ayu, padahal gue jijik liat yang namanya per-ni-ka-han,” ucap Risa dengan penekanan di kata terakhirnya. Dahi gue langsung mengkerut dengernya, “gue juga jijik sama pasangan sok romantis yang dateng, pake baju samaan lah terus gandengan lah.”

“Halah paling elo cuma iri aja,” sedikit gue ngeledek sambil cengir-cengir gitu.

“Asal lo tau, cinta itu menyakitkan Jun,” gak ada nada bercanda, dia serius ngomongnya, suasana jadi melow pas bioskop muter lagu ‘Love Hurts’nya Nazareth, “gue nyaksiin sendiri gimana keluarga gue hancur sama yang namanya cinta.”

“Eh tunggu-tunggu,” gue sedikit menyela, “yakin mau ceritain hal pribadi lo ke gue?”

Risa mengangguk mantap, “kata nyokap cowok yang suka cocok tanem itu cowok baik.”

Kyaaa! Gue langsung berbunga-bunga dibilang kayak gitu. Besok pas di sekolah gue bakal nyekar ke makam si hamster, terus doain dia sambil ngasih sesajen berupa kuaci yang paling mahal sama mainan roda puter kesukaan si hamster.

“Oke gue siap denger,” dengan suara berat, gue mempersilahkan Risa ngelanjutin ceritanya.

Risa cuma diem, bengong dengan tatapan yang kosong. Detik berikutnya dia malah nutup matanya sambil nangis. Lah ini gak jadi cerita, dan gue malah jadi salah tingkah, apalagi orang-orang ngeliat gue dengan pandangan, ‘dasar cowok bajingan cuma bisa bikin cewek nangis’. Pemilihan tempat yang salah buat curhat sodara-sodara.

Makin kenceng Risa nangis, makin bringas tatapan orang ke gue. Satu-satunya cara yang bisa gue lakuin cuma nunggu Risa sampe tenang. Gadis umur 15 tahun udah dapet beban hidup yang mungkin gede banget, keliatan dari tangisan Risa yang makin menjadi. Plis Ris, kalo mau curhat sampe nangis kayak gini, ditempat yang sepi aja napa.

Akhirnya seorang satpam ngedatengin kami, mukanya disangar-sangarin, melotot ke arah gue. Orang-orang juga mulai ngikutin tuh satpam kemari. Ayo donk Ris, berenti nangisnya dan jelasin sama mereka kalo gue gak ngapa-ngapain elo.

“Diapain ceweknya mas?”

“Jadi cowok yang gentle donk, jangan bikin cewek nangis!”

“Kalo gak ditempat umum udah gue hajar nih cowok brengsek!”

Dan serenten omongan yang bernada ngehakimin ke gue. Makin gemeter aja campur keringet dingin. Sampe nih mulut gak bisa ngomong apa-apa, untung gak lama Risa ngebuka tangannya yang nutupin muka. Keliatan basah banget pipinya, terus diri sambil ngeraih tangan gue.

“Sori semuanya, ada masalah kecil saya sama dia,” Risa ngelirik gue sambil sedikit cengegesan, apa maksudnya dengan kata ‘masalah kecil saya sama dia’. “Dia baru abis ketauan selingkuh sama jablay.”

“Whatttt-“ belom sempet gue ngelanjutin kalimat, Risa makin kenceng nyeret gue keluar dari bioskop. Sambil jalan, dia cuma cekikikan gak jelas sambil minta maaf, padahal air matanya aja belom kering.

Gue ngotot mau pulang, tapi Risa ngotot tetep mau di mall dan maksa gue buat nemenin dia. Soalnya kalo dia pulang sekarang pasti disuruh balik lagi jadi pager ayu. Itu kan urusan dia sama keluarganya, ngapain coba gue yang jadi korban buat nemenin cewek stress satu ini, tapi cantik sih, gapapa deh gue rela.

Akhirnya kami nongkrong di food court, kali ini dia pengertian nraktir gue pop ice coklat. Abis itu dia mulai cerita lagi. Gue pikir tadi dia cuma ngerjain gue aja, tapi ternyata emang bener ada masalah. Dia cerita kalo bokapnya pergi ninggalin nyokap demi cewek lain, terus sampe tiga kali nikah, tapi nyokapnya terus terusan di tinggal suaminya. Dia juga bilang semuanya gak 100 persen salah suami nyokapnya, tapi nyokapnya juga salah, punya hobi keluyuran sama temen-temennya.

Intinya rumit banget deh masalah keluarganya Risa. Gue aja sampe bengong-bengong dengerinnya. Karna kegagalan nyokapnya bina rumah tangga, Risa jadi sentimen sama yang namanya cinta. Dulu dia juga sama kayak gue, demen baca novel dan juga nonton film-film remaja gitu. Tapi dia sekarang benci banget, walaupun waktu itu gue ngeliat dia cengar-cengir baca novel gue.

“Tapi nyokap pernah cerita, pernah ketemu sama cowok yang suka cocok tanem, temen SMAnya. Gara-gara itu nyokap sampe sekarang juga suka cocok tanem. Kayaknya dia itu cowok terbaik yang pernah nyokap temuin, tapi sayang pas lulus si cowok kuliah di luar negri, dan udah gak pernah ketemu lagi sejak itu.”

Pandangannya mengawang, natap langit-langit gedung mall yang digambar awan dan langit. Wah kesempatan ini, tadi kan dia bilang, menurut nyokapnya, cowok yang suka cocok tanem itu cowok baik. Yess, meski dia gak percaya sama cinta, tapi gue yakin bisa macarin dia suatu saat nanti. Macarin Risa ya bukan nyokapnya.

“Karna lo belom ngerasain aja, terus ngeliat nyokap lo yang gagal, jadi benci sama yang namanya cinta,” ujar gue sambil nyerutup pop ice.

“Emang lo udah ngerasain?”

“Udah, eh belom,” buru-buru gue ngoreksi, “waktu itu kan gue bilang, kalo sekarang gue lagi mencari yang namanya cinta. Kalo udah ketemu, bakal gue tunjukin gimana indahnya cinta.”

“Huh,” dia cuma senyum sinis.

Gue jatuh cinta, sekali lagi gue jatuh cinta sama dia. Risa loh bukan nyokapnya. Gue bakal ngubah cara pandang dia tentang cinta, jadi inget filmnya sharukhan yang judulnya ‘mohabbatein’, kedemenan Mbak Lila. Mendadak perasaan gue gak enak.

Heh Mbak Lila?

Gawat!


Dia pasti ngamuk-ngamuk ini nyariin gue, adek satu-satunya yang gantengnya kelebihan dosis ini ilang gitu aja di acara nikahan temennya. Pasti dia nyangka gue udah diculik,....... eh bukan kayaknya...... bukan itu deh alesan dia ngamuk-ngamuk. Sejenak gue rogoh saku celana, dan nemuin konci motor disana! Gue liat jam udah nunjuk angka 5 lewat 30 menit. Kayaknya gue musti nulis surat wasiat nih.

“ANAK TUYUULLLLLL!”

Mbak Lila teriak kenceng banget pas gue dengan susah payah ngebawa motornya sampe di rumah. Dia langsung lari ke arah gue, langsung ngejitakin kepala gue sambil ngomel-ngomel gak jelas. Kalo udah gitu, gue cuma bisa pasrah. Terus dapet hukuman, uang saku dipotong 50 persen selama satu minggu.

Mbak Lila berenti ngamuk pas gue tunjukin DVD film India terbaru, yang tadi nyempetin beli pas di mall. Matanya yang tadi udah kayak kyubi, berubah jadi mata kucing yang berbinar-binar. Ya udah akhirnya gue temenin dia nonton film India, sambil nyiapin sekotak tisu. Bukan buat ngelap air matanya yang tumpah karna adegan sedih di film, Mbak gue itu bukan tipe cewek yang gampang nangis, tapi buat ngelap ilernya yang netes pas liat cowok-cowok berotot, bewok dan berbulu beraksi di film itu. Apalagi sambil joget-joget telanjang dada terus kehujanan. Kyaaaa! Bukan gue tapi Mbak Lila loh yang kayak gitu.

“Mbak beliin gue hape donk!” ujar gue yang sebenernya gak yakin mau ngomong gitu ke Mbak Lila.

“Lo abis ngerjain gue terus minta beliin hape?” tuh kan bener, ditambah pake melototin gue, “emang buat apa sih?”

“Buat pacaran lah.”

“Emang udah punya?”

“Baru mau akan.”

Mbak Lila langsung ngakak keras, nunjuk gue dengan muka yang gak banget buat seorang cewek cantik kayak dia, “belom dapet aja udah gegayaan.”

“Paling enggak gue udah ada prospek, dari pada kayak elo Mbak,” langsung gue ngibrit sebelum remot TV melayang ke jidat.

Mending gue diluar, ngadem sambil brentiin tukang nasi goreng yang lewat depan rumah. Bukan buat beli sih, tapi buat ngajak dia main catur. Jadi keinget sama Risa, terus apa korelasinya antara tukang nasi goreng yang gue ajak main catur sama Risa? Ya gak ada sih, tapi sesuai sama novel-novel teenlite yang gue baca kalo orang lagi jatuh cinta tuh emang kayak gini, selalu kebayang muka orang yang didemenin.

Malah gue yang lagi jatuh cinta ini, rada-rada gila, coba minta tolong sama angin yang berhembus, karna gue gak punya cukup nyali, buat bilang kalo setiap hari selalu merindu. Dan berharap, supaya angin bisa masukin gue ke dalam mimpinya, terus ngarep dijadiin Raja dan dia ratunya. Yang akhirnya bisa bikin dia selalu mikirin gue.

Angin katakan padanya
Bahwa aku cinta dia
Angin sampaikan padanya
Bahwa aku butuh dia


Bersambung


You Might Also Like

0 komentar